Buah mangga dan cara asyik memakannya

Mangga adalah salah satu buah yang paling di gemari di Indonesia, bukan hanya rasanya yang manis dan lezat namun kandungan gizi Mangga sangat baik untuk kesehatan. karena sekarang sedang musim mangga maka tidak ada salahnya saya bagikan Tips Cara asyik makan buah mangga.

Sebelum kita menuju Tips cara asyik makan mangga, terlebih dahulu mari kita kenali dulu apa itu buah mangga. Mangga di sebut juga dengan mempelam (kalau lidah orang jowo biasa sebut pelem) adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Setelah tau seluk beluk buah mangga mari kita kenali dulu pohon mangganya, (Waduh kapan bahas makan mangga nya?). Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

Sebenarnya nama dari buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Nah, sekarang mari kita bahas cara asyik makan buah mangga. Biar tidak banyak kata saya buat langkah per langkah di bawah ini:
  • Pertama : Siapkan buah mangganya terlebih dahulu,  *kalau tidak ada mangganya yang mau di kupas apanya? hehe...* (catatan : mangga matang atau masak)
  • Yang kedua : Siapkan Pisau untuk mengupas, *kalau gak ada pisau, cutter atau silet juga boleh*
  • Yang ketiga : Cuci Terlebih dahulu buah mangganya biar terlihat kinclong kulit buahnya, meski kulit buah mangga tidak dimakan, namun kita ikuti saja anjuran pepatah yang mangatakan bahwa bersih itu sehat, ( hahaha....gak nyambung )
  • Potong buah mangga, ingat memotongnya adalah bagian yang gepeng (kerempeng), rasakan mata pisau agar sampai menyentuh biji buah mangga.
  • Buat goresan dadu vertikal dan horizontal pada irisan mangga, untuk lebih jelasnya lihat gambar 
buah mangga dan cara memakannya


  •  Mangga siap di santap dengan asyik ( hehehe......mana asyiknya? )
  • Sekian Tips tentang Buah Mangga dan cara asyik memakannya.




0 Response to "Buah mangga dan cara asyik memakannya"

Post a Comment