Menikmati segarnya susu kedelai dan manfaatnya bagi tubuh

susu kedelai dan manfaat bagi tubuhSusu Kedelai adalah minuman rendah lemak yang sedang Ngetrend saat ini seperti layaknya selebriti. Tentunya bukan hanya ngetrend saja, susu kedelai kaya manfaat dan khasiat juga lho..., tidak percaya mari kita simak ulasan tentang segarnya susu kedelai dan manfaatnya.

Sedikit cerita, kebetulan kemarin dibelikan istri susu kedelai sehabis dari pasar dekat tempat tinggal kami, susu kedelai tersebut asli ( buatan manusia ) bahannya, mulai dari kedelainya, gulanya dan juga pewarnanya. Pokoknya tidak terbayang segarnya.

Nah, setelah cerita sedikit tentang asal mula dapatnya susu kedelai, sekarang mari kita simak manfaat dari susu kedelai :

  • Membantu mengatasi masalah intoleransi laktosa pada bayi, Susu sapi cenderung susu sapi yang mana mengandung laktosa, sedangkan ada sebagian bayi ada yang mengalami intoleransi laktosa yaitu dimana kurang atau tidak adanya enzim laktase yang berfungsi untuk mencerna laktosa menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Sebagai solusinya untuk anak balita anda yang berusia di atas 1 tahun ke atas, anda bisa memberikannya susu kedelai sebagai nutrisi pendamping ASI karena susu kedelai tidaklah mengandung laktosa susu
  •  Minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme,Manfaat susu kedelai yang lain adalah sebagai minuman bergizi tinggi bagi anak penderita autis. Anda mungkin pernah mendengar istilah autis. Autisme dapat diartikan sebagai suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal.
    Para penderita autis disarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung Kasein (Protein susu) dan Glutein (protein tepung). Kenapa? Karena kedua jenis protein tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan si penderita autis menjadi lebih hiperaktif. Susu sapi dan keju adalah salah satu sumber kasein, jadi alih-alih memberikan susu sapi lebih baik apabila penderita autis diberi susu kedelai karena tidak kasein dan glutein. Hal tersebut supaya bisa mendapatkan pasokan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah cukup meski tanpa minum susu sapi.
  • Susu sapi bagi para vegetarian, Vegetarian adalah orang yang tidak suka memasukkan masakan olehan yang mengandung daging ke dalam menu masakannya, mereka lebih memilih mengonsumsi produk seperti sayur dan buah untuk makanan sehari-hari. Nah, agar memperoleh gizi yang tidak kalah dengan gizi susu sapi maka vegetarian disarankan mengonsumsi susu kedelai. Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak).
  • Mengurangi kadar kolesterol darah, Seperti yang anda ketahui bahwa di dalam tubuh, kolesterol akan bergabung dengan protein dan akan membentuk suatu senyawa yang disebut lipoprotein. Lipoprotein sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Jika kadar LDL dalam darah terlalu banyak maka dapat menyumbat arteri serta meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sedangkan kebalikannya apabila level HDL yang rendah malah dapat meningkatkan resiko penyakit jantug.

    Nah, kandungan lesitin dalam susu kedelai akan berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon akan mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke, Kandungan lainnya dalam susu kedelai adalah Vitamin E yang mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Penelitian pada Harvard University; menunjukkan mereka yang memperoleh Vitamin E 200 I.U/ hari; risiko mendapat gangguan kardiovaskular berat menurun sebesar 34 %.

    Selain itu susu kedelai juga mengandung asam Folat dan Vitamin B6 yang juga bermanfaat mencegah penyakit jantung. Tak cukup sampai di ditu, kandungan magnesiumnya juga mampu mengatur tekanan darah seseorang.
  • Mencegah kencing manis / diabetes mellitus, Kencing manis biasanya timbul karena tubuh kekurangan insulin yang berakibat kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Beruntung, karena kandungan Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin ternyata mampu menjaga keseimbangan insulin. Kandungan protein dalam susu kedelai pun ternyata lebih mudah untuk diterima oleh organ ginjal dibandingkan protein yang berasal dari hewan.
  • Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis, Kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis. Kandungan lainnya yang dapat menghambat menopause adalah vitamin E.
  • Mencegah migrain, Anda pasti sering menyaksikan iklan obat di televisi yang menunjukkan seseorang yang megalami sakit kepala sebelah, ya itulah migrain. Sakit kepala sebelah atau yang sering pula disebut migrain ini biasanya bersifat kambuhan lebih banyak menyerang wanita dibanding pris dengan prosentase 3:1. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) akan mampu untuk mencegah dan meredakan migrain.
  • Sebagai minuman anti kanker, Susu kedelai banyak mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker. Diantaranya adalah seleniu, vitamin E, isoflavon dan Genistein.
  • Mencegah penuaan dini, Anda pasti pernah bertemu denga seseorang yang wajahnya terlihat lebih tua dibanding usia yang sebenarnya. Mungkin orang tersebut mengalami apa yang dinamakan penuaan dini. Salah satu penyebab timbulnya penuaan dini adalah karena paparan radikal bebas. Nah, untuk melawannya dibutuhkan antioksidan. Itulah kenapa orang yang hidup di pedesaan dan suka memakan makanan yang mengandung antioksidan terlihat awet muda. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging. Jadi, tak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai ini apabila ingin terlihat awet muda.

    Meskipun manfaat susu kedelai amatlah besar bagi kesehatan namun perlu dicatat bagi para pria agar tak mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah berlebihan. Karena menurut beberapa sumber yang saya baca bisa mengurangi produksi hormon lelaki. Itu karena susu kedelai merupakan sumber phytoestrogen yang bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kalau hal tersebut berlangsung dalam waktu lama maka kemungkinan bisa menimbulkan sisi feminin pada tubuh anda.
  • ( sumber : http://kemuh.com).
  •  
    Nah, dari uraian Panjang diatas, sudah tau kan manfaat susu kedelai untuk kesehatan?, jadi tunggu apalagi, Nikmati segarnya susu kedelai dan rasakan manfaatnya bagi tubuh.

4 Responses to "Menikmati segarnya susu kedelai dan manfaatnya bagi tubuh"

  1. oh sule ya??
    aku gak doyan :D
    .

    ReplyDelete
  2. Sayang nih saya susah mendapatkannya Sule ini ikutan Miz Tia he..he...

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah nyoba nih sob.... but thanks atas infonya

    ReplyDelete
  4. Ternyata anyak juga manfaatnya.. minuman sehat n menyegarkan

    ReplyDelete