Air terjun Nglirip, keindahan air terjun yang terabaikan


Air terjun Nglirip. Bukan Tuban namanya jika tanpa Air Terjun Nglirip, ya begitulah keterkaitan antara air terjun Nglirip Singgahan dengan nama Tuban. Ibarat melekatnya Toak dengan nama Tuban.

Air Terjun Nglirip mungkin sudah terkenal di segala penjuru dunia nusantara dengan berbagai cerita, baik keindahan alamnya maupun cerita mitos yang berkembang dimasyarakat sekitar. Namun bagi saya lebih tertarik dengan pesona keindahannya juga sarana dan prasarana yang tersedia.

Air Terjun Nglirip berada  lebih kurang 1Km dari Kantor Kecamatan Singgahan. Wisata air terjun ini berada di desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Tuban. Jika Anda seorang pelancong dari luar kota, Anda bisa mengambil rute dari Bojonegoro kemudian naik bus mini Jurusan Jatirogo dan turun ke Pasar Jojogan (Mulyoagung lebih dikenal Jojogan) Singgahan. Pasar Jojogan sendiri tepat berada di depan Kantor kecamatan Singgahan, dari sini Anda bisa langsung berjalan kaki ke air terjun ngirip atau bisa juga naik becak motor.

Jika sudah sampai di area air terjun Nglirip Anda bisa menikmati keindahan wisata air terjun. Meski tanpa ada sarana dan prasarana yang memadai, Anda jangan berkecil hati dulu ya. karena rujak khas nglirip siap menemani kekecewaan Anda. hahaha...., saya bahkan membaca komentar yang masuk pada blog milik radio lokal yang mempublish  tentang keindahan nglirip. Ini dia komentar nya :

Beberapa Komentar Pengunjung Nglirip yanng merasa Puas!!!

"Mungkin saja air terjunnya bagus… Tapi wisata bagus bukan saja objeknya, tapi juga fasilitas dan sarana prasarana pendukung. Jangan bohongi pembaca untuk datang kesana… Bagaimana dengan rambu2 penujuk lokasi wisata? Area parkir roda 4?, bagimana sikap petugas disana? Toliet? Akses jalan ke dasar air terjun yang aman? Tanya kenapa obyek ini ditelantarkan pemerintah Tuban ! JANGAN PERNAH KE TEMPAT INI…… SANGAT MENGECEWAKAN !!!!!!"

ada lagi komentar yang menggelitik tentang Air Terjun Nglirip ini...

"Satu-satunya air terjun bahkan di dunia yang pada musim kemarau tak ada airnya dan berubah menjadi ANGIN TERJUN…. "

Rasanya Klop Banget dengan yang saya alami saat pertama kali melihat keindahan Air Terjun Nglirip, waktu itu air terjun nglirip tidak airnya, asli angin terjun. lha terus kemana airnya? Air terjun Nglirip sebenarnya berasal dari sumber mata air kerawak. Diatas air terjun Nglirip sudah ada bendungan irigasi yang konon dibangun sejak dahulu kala, bendungan irigasi itu mengalirkan air yang berasal dari mata air kerawak dan membaginya menjadi tiga bagian, satu bagian ke irigasi desa Mulyoagung, satu bagian ke arah irigasi Desa Tingkis, dan satu bagian lagi ke Air Terjun. Jadi jika musim kemarau air terjun tidak ada airnya tentaunya Anda sudah tau bukan?

Bahkan saya sempat Menuliskannya di Blog ini pada tahun 2012 silam, ini dia link tentang Nglirip yang kekeringan. http://tuban-kita.blogspot.com/2012/10/air-terjun-nglirip-mana-airmu.html

Saya sebagai pendatang di kecamatan Singgahan ini juga heran, kenapa ada tempat wisata sebagus ini bisa di abaikan begitu saja, bukankah ini aset untuk menambah pendapatan daerah. hem... dari pada sibuk menggerutu alangkah baiknya jika fikiran kita istirahatkan sejenak sambil menikmati kopi  eh foto foto jepretan kamera wisata air terjun nglirip dibawah ini.

Air terjun Nglirip indahnya angin terjun

 yang ada angin terjun nglirip
 
 


bonus rujak bagi yang datang di wisata air terjun nglirip

Yang paling bawah adalah Bonus karena telah datang di wisata air terjun Nglirip (Angin terjun Nglirip).

Bukan bermaksud apa apa, foto foto jepretan diatas hanya untuk mengetes sebagus apa kamera yang baru saya beli kemarin, sekaligus pamer kualitas 10 Mega Pixel seperti apa. Maklum admin baru kali ini punya kamera karena sebelumnya hanya menggunakan kamera hand phone  itu pun HP china, jadi biar orang tau kalau saya punya PIXEL (hehehe...). Jadi tidak ada salahnya menggunakan kamera baru untuk memotret keindahan Nglirip.

Nglirip pesona keindahan air terjun  yang terabaikan.

0 Response to "Air terjun Nglirip, keindahan air terjun yang terabaikan"

Post a Comment