Resep Ikan Bakar dengan sambal ndeso

Resep Ikan Bakar. Meski tidak ada acara yang spesial, tapi tidak ada salahnya kita sajikan resep bakar ikan dengan sambel uleg khas ndeso atau pedesaan. Pagi pagi benar saya sempatkan berangkat ke Pasar, yang memang tempat kami tinggal tidak jauh dari komplek pasar yang berada dekat kantor kecamatan Singgahan.

Dengan merogoh kocek Rp. 10.000,- saya mendapatkan 7 ekor ikan laut segar, harga yang murah tanpa harus memancing atau menyelam kedasar lautan, atau memelihara sendiri. Ini dia penampakan ikan tersebut, saya juga tidak tau jenis apa namanya.

Resep Ikan Bakar

Sambil menunggu arang siap, Ikan di cuci dulu dan dikeluarkan isi perutnya dengan tujuan menghilangkan kotoran dan ususnya, setelah itu bari kita rendam dengan air yang sudah di beri garam. Kami tidak menggunakan bumbu karena saya lebih menyukai rasa original dari ikan laut tersebut.

Ini, adalah arang yang telah dipersiapkan untuk membakar ikan, bagi yang masih bingung bagaimana menyalakan bara arang,  begini cara menyalakan bara arang, ambil beberapa arang, usahan yang ukuran besar besar, kemudian taruh di atas kompor kemudian nyalakan kompor. Tunggu hingga beberapa saat, sampai arang yang kita taruh tadi berwarna kemerahan. Ambil arang yang kemerahan tadi kemudian satukan dengan arang yang lain yang hendak dibuat membakar ikan. Jangan lupa di kipas kipas biar yang belum kemerahan bisa menjadi merah membara juga.

Resep Ikan Bakar d ndeso


Stelah arang nyala, baru siapkan alat bakarnya, kalau belum punya pinjam sama tetangga atau beli juga bisa :). taruh Ikan ke dalam bakaran, seperti ini.

 Ikan Bakar dengan sambal

Sambil di kipas-kipas dan sesekali di bolak balik biar gak gak gosong dan rasanya mantap. Bagi yang belum punya kipas, bisa pinjam atau cari barang bekas yang bisa digunakan untuk kipas, seperti punya saya ini contohnya. 

Resep Ikan Bakar dengan

Ngomongin kipas, sampai lupa sama bakar ikannya. Kalau ikan sudah berwarna seperti ini dan baunya juga harum seperti ini berarti ikan sudah matang.

membuat Ikan Bakar dengan sambal

Sekarang tinggal memepersiapkan sambel atau sambalnya, karena tidak akan lengkap kalau bakar ikan belum ada sambalnya. Bahan bahan sambal uleg yang saya buat ini sangat sederhana, namun rasanya tidak kalah dengan sambal instan dalam botol yang dijual jual dipasaran.

Bahan bahan yang di butuhkan untuk membuat sambal Uleg Ndeso.
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih satu siung (satu siung ya, bukan satu bonggol, kalau satu bonggol itu untuk vampir) 
  • Lombok atau ada yang bilang cabe rawit 4 buah atau sesuai selera
  • Tomat ukuran Kecil, kalau ukuran besar kasih separoh saja
  • Terasi yang sudah di goreng  setengah sendok teh
  • Gula Pasir secukupnya, saya bisa seperempat sendok teh.
  • Bagi yang doyan penyedap, kasih sedikittttttttttt saja.
Rebus atau Godog Bawang putih, Lombok atau cabe rawit, tomat sampai matang. Tujuannya agar lunak dan memberi rasa khas sambal uleg godog, kurang lebih seperti ini.

sambal rebus

Setelah bahan di rebus dan matang, Uleg bahan diatas Coeg, atau ulekan sambal. Jangan di atas piring ya, nanti bisa pecah. Setelah semuanya halus, Gula Pasir dan penyedap baru ditambahkan, Sambal Uleg Ndeso kurang lebih jadinya seperti ini.

sambal untuk ikan bakar



Jadi cukup sekian Resep Resep Ikan Bakar dengan sambal Uleg ndeso.






0 Response to "Resep Ikan Bakar dengan sambal ndeso"

Post a Comment